Program Penguatan Manajemen Sumber Daya IPTEKS
UNIVERSITAS GUNADARMA

Tentang Kami

21 Jul 2009

more

19 Jul 2009

more

19 Jul 2009

Tim pelaksana program terdiri dari satu orang wakil ketua yang dibantu oleh empat orang anggota sesuai dengan bidang ilmu atau tangung jawabnya. Pengelolaan administrasi dan keuanggan dilakukan oleh satu orang bendahara dan dua orang tenaga administrasi. Tim pelaksana program secara umum mempunyai hubungan kerja dan koordinasi dengan struktur organisasi institusi, terutama dengan Lembaga Penelitian, Lembaga Pengembangan, Pusat Studi, dan Reseach Information System yang berada di bawah BAPSI. Selain itu, kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan program berkoordinasi dengan Badan Penjaminan Mutu yang ada di tingkat Universitas. Struktur organisasi selengkapnya dapat dilihat pada Gambar di bawah ini.

more

19 Jul 2009

Masalah utama dalam manajemen sumber daya IPTEKS di Universitas Gunadarma adalah (1) Tingkat pemanfaatan sumber daya IPTEKS yang belum optimal, (2) Ketersediaan dan integrasi sistem informasi yang belum menyeluruh, dan (3) Intensitas pemanfaatan sumber daya IPTEKS untuk kepentingan industri dan masyarakat yang relatif masih rendah. Masalah lain yang perlu diantisipasi pada saat pemanfaatan sumber daya IPTEKS adalah (1) bagaimana identifikasi kelompok sasaran pengguna dan (2) bagaimana tingkat partisipasi, proses internalisasi, intensitas komunikasi, dan sistem pemantauan pemanfaatan sumber daya IPTEKS.

Tujuan umum program adalah meningkatkan tata kelola dan sistem informasi dalam penyeberluasan dan penerapan sumber daya IPTEKS yang dimiliki untuk kepentingan masyarakat dan dunia industri. Metode yang digunakan untuk mengatasi amsalah atau mencapai tujuan tersebut adalah Focussed Group Discusion, Metode Survey atau Pemetaan, Metode Pengembangan Sistem, Pendekatan Social Network System, Model Adopsi Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Metode Magang dan Pelatihan Produk Teknologi kepada Pengguna.

Kelompok sasaran pengguna sumber daya ipteks adalah industri kecil, sektor pemerintahan daerah (e-government), dan kelompok masyarakat yang menghasilkan produk atau karya cipta unggulan. Jenis sumber daya IPTEKS yang akan dimanfaatkan adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi serta jenis produk teknologi tepat guna yang telah dimiliki oleh Universitas Gunadarma.

Penguatan manajemen sumber daya IPTEKS  Universitas Gunadarma terdiri dari empat program yaitu (1) Program Penyempurnaan Tata Kelola dan Tata Pamong Pemanfaatan Sumber Daya IPTEKS yang Melibatkan Partisipasi Masyarakat Pengguna dan Industri; (2) Program Pengembangan Sistem Informasi Sumber Daya IPTEKS Terpadu; (3) Program Pengembangan Sistem Dokumentasi Daftar Kebutuhan Dunia Industri dan Masyarakat calon Pengguna Sumber Daya IPTEKS; dan (4) Program Pengembangan Social Network System antara Perguruan Tinggi dan Pengguna Sumber Daya IPTEKS.

Permasalahan utama dalam manajemen sumber daya IPTEKS di Universitas Gunadarma secara umum mencakup empat  aspek yaitu (1) Tingkat pemanfaatan sumber daya IPTEKS untuk kepentingan industri dan masyarakat, serta (3) Sistem informasi mengenai daftar kebutuhan atau permasalahan di industri atau masyarakat yang bisa diselesaikan dengan pemanfaatan sumber daya IPTEKS, serta (4) Rancangan dan Mekanisme pemanfaatan sumber daya IPTEKS untuk kepentingan industri dan masyarakat. Pada saat sumber daya IPTEKS akan dimanfaatkan oleh industri atau masyarakat, masalah lain yang perlu diantisipasi adalah (1) bagaimana identifikasi kelompok sasaran pengguna sumber daya IPTEKS yang tentunya mempunyai kondisi dan kebutuhan yang berbeda-beda serta (2) bagaimana tingkat partisipasi, proses internalisasi, intensitas komunikasi, dan sistem pemanantauan dianatar penghasil sumber daya ipteks, pengguna ipteks, atau pihak lain yang terlibat dalam pemanfaatan sumber daya IPTEKS. Gambaran keterkaitan empat permasalahan utama dikaitkan dengan peran perguruan tinggi dan kebutuhan masyarakat dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

more

Menu Kiri